FREE TEXT

Sekarang adalah era free text, teks bebas. Tulisan yang masih perawan bebas berhubungan intim dengan pembacanya, tanpa disunting terlebih dahulu, tanpa editor sebagai penghulu. Mari kita budidayakan teks bebas sebagai gaya hidup yang sehat!

Di era internet ini, tidak ada lagi yang bisa mengekang publikasi teks, bahkan tidak juga negara dengan segenap kekuatan militernya. Tidak akan ada lagi pemberangusan tulisan seperti halnya yang menimpa penulis-penulis era sebelumnya (misalnya Pram oleh Orba). Dengan adanya media internet, pembaca dan penulis tidak perlu diperantarai oleh otoritas media yang melegitimasi layak tidaknya sebuah tulisan dipublikasikan.

Tapi meskipun bebas, tetap ada tanggung jawab yang bersumber pada kesadaran diri penulis sendiri, bukan berarti bebas sebebas-bebasnya. Di sinilah kedewasaan kita dituntut dalam menyeleksi diri, memilah-milah mana tulisan kita yang layak dipublikasikan dan mana yang tidak. Otoseleksi bukan hanya berlaku bagi penulis, tapi juga bagi pembaca. Pembaca bisa bebas memilih tulisan mana yang ingin dibacanya, tanpa dibatasi pagar-pagar pengaman kepentingan kalangan tertentu. Pembaca yang dewasa tidak akan dengan mudah menaruh prasangka dangkal pada sebuah tulisan, tapi mengapresiasinya seobjektif dan seproporsional mungkin.

Soal kualitas tulisan, pada akhirnya daya hidupnya akan ditentukan oleh hukum seleksi alam: tulisan yang kuat akan bertahan dan mendapat tempat serta apresiasi yang layak, sedangkan tulisan yang lemah akan tersingkirkan dan dilupakan begitu saja.

-Sam Haidy-

Satu Tanggapan to “FREE TEXT”

  1. I think the admin of this web site is actually working hard in support of his
    site, as here every stuff is quality based information.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: