INTERPRETASI PUISI GELAP

Membaca puisi gelap sama halnya dengan menebak apa yang tertera pada dinding gua purba. Untuk mengetahui apa isi sebenarnya, tak cukup hanya dengan mencoba meraba dindingnya, malah akan menimbulkan multi mis-interpretasi. Kita harus membawa cahaya (analisis dan referensi) yang cukup untuk memastikan apakah di sana ada relief yang terukir apik atau cuma goresan abstrak manusia purba yang baru belajar menggores.

Ada dua kemungkinan penulis yang bagaimana yang menulis puisi gelap. Yang pertama adalah penulis yang terlalu berpengalaman, yang ingin bereksperimen dengan gaya penulisan non-konvensional sehingga tidak mudah dicerna. Yang kedua adalah penulis yang kurang berpengalaman, yang masih dalam taraf coba-coba memadu-padankan kata sehingga hasilnya seringkali ambigu.

-Sam Haidy-

14 Tanggapan to “INTERPRETASI PUISI GELAP”

  1. xamy kehead Says:

    wah..
    saya sering buat puisi gelap,,,
    dan kebetulan saya masih kategori orang yang ke 2…
    ya masih belajar maduin kata aja…hehee…
    ya buat saya jadiin lirik lagu di band saya…

  2. xamy kehead Says:

    Oia…ada tambahan..
    tolong ajari saya mas cara buat puisi yang baik dan benar…
    kebetulan saya suka puisi yang gelap…

  3. Puisi yang baik adalah yang ga terlalu terang juga ga terlalu gelap, tapi di tengah-tengahnya. Ga terlalu mudah dimengerti, juga ga bikin orang ga mudeng.

    Saya juga masih belajar kok. Mari kita sama-sama belajar aja🙂

  4. salam..saya tidak tahu termasuk di golongan apa..saya suka nulis..apa aja..salam

  5. Lebih baik gitu kok, nulis apa aja karena suka. Writing for writing’s sake🙂

  6. Wah thanks atas sdikit pencerahannya. Tp biasanya orang yg suka mengotak-atik kata2, makin gelap sbuah kata2, makin menantang untuk dipecahkan.
    Salam kenal

  7. Wah thanks atas sdikit pencerahannya. Tp biasanya orang yg suka mengotak-atik kata2, makin gelap sbuah kata2, makin menantang untuk dipecahkan.
    Salam kenal ya

  8. Sama2…
    Salam kenal juga

  9. da seorang temenku yang naksir kamu
    truzzz dia nanyak berapa umur kamu
    yahhhh aku jawab

    kl’ dliat dari mukanya umur 16th
    …dari kulitnya umur 17th
    dari cra berdandan umur 18 th
    dari bicaranya umur 15 th
    dari sikapnya umur 17th
    dari tubuhnya umur 17th
    jadi kl’ semuanya di jumlah
    jadinya umur…………………………………..

    gila bozzzzzzzzzzzzzzzzzz
    wahhhh prah nee

    dri pda kamu penasaran lbih baik aku kasih tahuu

    umur…………………………75th

  10. atau yg membaca yg tidak paham karena kemampuannya.

  11. padly bercelona Says:

    ak selalau menangis..dalam kegelapan…
    tampa tiada mendengar..
    sura qu menangis..???

  12. aku membutuh kan ea
    sepanjang masa,,,
    dia bagi qu ketulausan hati
    yang ku beri kan pada mo,,>

  13. Akhirnya ada juga pendapat ini. Saya sering menduga-duga: “puisi ini walaupun canggih, rasanya tidak punya makna.”

Tinggalkan Balasan

