AKU BERBEDA, MAKA AKU ADA

Ejawantah eksistensi sejati tidak bisa diduplikasi, harus mengusung ciri tersendiri yang membedakannya dari yang lain. Keseragaman adalah kemubaziran, hanya akan berakhir sebagai onggokan sampah sejarah. Keseragaman adalah bahaya laten yang mengancam keleluasaan eksplorasi individu, memandegkan dinamika proses dialektika yang berkesinambungan.

Kebanyakan orang merasa enggan untuk keluar dari “zona aman” keseragaman karena takut akan menyandang predikat “aneh”, “menyimpang”, dan predikat-predikat marjinal lainnya yang akan membuat mereka dikucilkan. Mereka lebih memilih tunduk pada tatanan kemapanan konvensional, tak berani mendongakkan pikiran pada ketentuan yang telah berlaku secara umum, padahal belum tentu itu sesuai dengan hati nurani mereka. Sangat mungkin masih ada hal-hal yang timpang yang perlu dikaji lebih jauh untuk dicari sintesisnya yang lebih baik lagi.

-Sam Haidy-

3 Tanggapan to “AKU BERBEDA, MAKA AKU ADA”

  1. Sorry for blunt posting, but this is I can tell at 1 a clock in the morning:

    AKU BERBEDA, MAKA AKU ADA!
    AKH KOK GAK PAKE DAA DAAH!

    Hwehehe. Next time I’ll write seriously. See yaah!

  2. Maksute ini filsafat “nyeleneh” versi g ajah. Nanti g tulis yg filsafat hakiki.

  3. G harus tegaskan niih maksute nanti g tulis yg filsafat “sejati” (tsahhh). G mau ber-“kulkuluyuk” dulu niyyy. Hwehehe.

Tinggalkan Balasan

